Monday, January 13, 2014

Awal mula berdirinya singapur

sejarah-negara-singapura
Awal mula berdirinya singapur atau singapura atau dalam bahasa inggris disebut singapore yaitu mulai dikenal pada abad ke 14 singapur pada saat itu dikenal dengan nama Temasek atau kota laut. Pada saat itu Singapur merupakan pusat pemerintahan kerajaan Melayu sebelum akhirnya diduduki oleh penjajah inggris yaitu Stamford Raffles. Hal ini diperoleh dari keterangan yang terdapat dalam tulisan Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi yang menyatakan ketika Singapura dibersihkan, bukit yang terdapat di situ telah dikenali sebagai bukit larangan, dan terdapat banyak pohon buah yang ditanam di daerah tersebut. hal tersebut menandakan bahwa pada masa itu sudah terdapat pusat administrasi di singapur.

Singapura Modern

Sampai abad ke-19, singapura telah dikuasai oleh orang-orang eropa terutama inggris. Raffles tiba di Singapura pada 29 Januari 1819 yang kemudian pada saat tersebut inggris berusaha untuk mendominasi perdagangan sehingga dibangunlah pelabuhan di daerah tersebut.Pendirian Singapura oleh Raffles mendapat masalah saat kerajaan Belanda menuduh Inggris mencampuri kawasan naungan pengaruhnya. Pada mulanya kerajaan Inggris dan Perserikatan Hindia Timur Inggris bersimpati dengan masalah ini tetapi lama kemudian mereka mengabaikannya demi kepentingan kemajuan di Singapura. Menjelang tahun 1822, sudah jelas niat Inggris bahwa mereka tidak akan sekali-kali menyerahkan Singapura.

Status Singapura sebagai hak milik Inggris dikukuhkan dengan ditandatanginya Perjanjian Inggris-Belanda 1824 yang mana Kepulauan Melayu terbagi atas pengaruh dua kuasa. Kawasan utara termasuk Pulau Pinang, Melaka dan Singapura sebagai kawasan pengaruh Inggris sedangkan kawasan di sebelah selatan di bawah pengaruh Belanda. Pada tahun 1826, Singapura bersama-sama dengan Pulau Pinang dan Melaka tergolong di bawah satu pemerintahan yaitu Negeri-Negeri Selat.

Ketika perang dunia kedua, singapur jatuh ketangan Jepang dari tahun 1942 hingga tahun 1945.Selepas jepang, singapur berusaha membangun pemerintahan sendiri atas restu dari inggris, namun hal tersebut tidak berjalan mulus karena peritiwa politik dan pengaruh komunis yang masih kuat dan juga kurangnya dukungan dari inggir. Baru pada masa pemerintahan kedua yang di pimpin Lim Yew Hock singapur mulai bisa mengendalikan pemerintahan dan juga karena dukungan inggris agar singapur bisa berdiri sendiri.Singapur sempat bergabung dengan Federasi Malaysia namun hal itu tidak berlangsung lama dikarenakan masalah politik dan ketidak puasan yang terjadi pada rakyat singapur maupun malaysia.Setelah lepas dari Malaysia, Singapura mulai muncul sebagai penguasa perdagangan dunia. Banyak fasilitas dan kemajuan dicapai semasa pemerintahan Lee Kuan Yew.Pada tahun 1990, Lee Kuan Yew mundur dari politik dan memberi kuasa pemerintahan kepada Goh Chok Tong. Sampai saat ini singapur merupakan negara yang paling pesat pertumbuhan ekonominya di asia tenggara bahkan menjadi negara dengan pendapatan tertinggi di wilayah ini.

0 comments:

Post a Comment